Minggu, 13 April 2014

Instrumentasi dan Macam-macam alat-alat Gravity Meter

Gravity Meter adalah sebuah alat untuk mengukur percepatan gravitasi bumi berdasarkan pegas yang di beri massa seperti pendulum, perbedaan massa benda menyebabkan perbedaan percepatan gravitasi semakin kontras dan perbedaan teersebutlah yang di sebut anomali. Ada beberapa jenis-jenis gravity meter mulai dari yang sederhana hingga yang lebih canggih maka akurasi dan kesalahan pembacaan alat dapat di minimalisir. didalam alat Gravity meter ada pegas yang di beri pemberat (pendulum) dan sangat sensitif sehingga apabila ada perubahan percepatan nilai gravitasi dapat di ukur dengan alat ini. Diantara alat-alat instrumen geofisika yang lumayan mahal harga nya adalah alat ini kalau di rupiahkan sekitar ± 2-3 miliayar rupiah harga yang sangat fantastis heheheheeee ......... tapi jangan salah jika kita ingin berinvestasi maka jangan ragu-ragu hasil yang di dapatkan juga sangat menggiurkan lho teman-teman bayangkan aja ya jika seandainya eksplorasi mineral atau semacamnya menggunakan metode gravity maka di hitung berdasarkan titik pengukurannya jika ada 100 titik pengukuran tiap-tiap pengukurannya di hargai 3 juta rupiah tapi tergantung budget dari sang konsumen / perusahaan, kebetulan ada dosen yang ikut proyek di perusahaan X saya lihat LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) segitu sih..... tapi sekali lagi tergantung budget dan apa yang ingin di cari. heheheheheee  
oiya satu lagi yang membuat mahal alat ini terletak pada pegasnya (spring) karena pegas nya sangat sensitif sekali seperti yang sudah saya jelaskan tadi nah biasanya alat gravity meter yang sudah mulai hang akibat pegasnya sudah mulai melar dan tidak kembali lagi ketitik semula dan sensitifitasnya sudah berkurang jadi keakuratannya sudah mulai di ragukan heheheheheeeee (ini yang di sebut kelelahan alat (Drift), banyak faktor yang mempengaruhinya tapi kelelahan alat (Drift)  ini dalam pertemuan selanjutnya akan saya bahas.


Macam-macam tipe Instrumentasi alat Gravity Meter
  1.          Gravity Meter Askana
Prinsip kerja Gravity Meter Askana
Berkas cahaya berputar pada daerah pegas. Sebuah massa memantulkan  berkas cahaya ke photoelectric cell. Pembelokan berkas cahaya oleh massa tersebut memindahkan sinar tersebut dan berubah menjadi voltase di dalam sirkuit. Pegas juga di lengkapi sebuah tensioning yang berfungsi sebagai pengembalian sinar ke angka nol (kalibrasi). Contohnya pada saat posisi pengukuran di lakukan. Beberapa gravity meter menggunakan amplifikasi sebagai penyetabil alat, contohnya Scintrex CG-5, menggunakan extensi yang kecil pada massa dan menggubahnya menjadi kapasitansi di dalam sirkuit.

Gambar 1.1 Prinsip kerja gravity meter Askara.
Gambar 1.2 Alat Gravity meter Askania
(Sumber : http://www.casca.ca/ecass/issues/2005-me/features/brooks/e-Cassi_DomObsV4.htm)

   2.      Scintrex CG-5 Gravity meter ( Autograv Gravity Meter)
Prinsip kerjanya Scintrex CG-5 sama dengan alat yang lain, tapi yang membedakannya adalah, menggunan umpan balik (feedback) pada sirkuitnya untuk mengontrol arus pada lempeng dan sebagai pengembalian massa ke angka nol (kalibrasi).
Gambar 2.1 Prinsip kerja Scintrex CG-5 Gravity meter.
Scintrex CG – 5 membuat hasil produksi lebih maksimal, data yang didapat sangat tinggi meski di keadaan lapangan yang tidak rata. Alat ini telah di lengkapi dengan GPS internal dan sangat presisi mengunci posisi koordinat X dan Y dan di lengkapi beberapa koreksi bumi seperti : koreksi Udara bebas, dan koreksi Bouger, R/F On Off, koreksi langsung daerah sekitar dilapangan (pengaruh tinggi rendah atau daerah yang tidak rata). (Sumber: http://www.scintrexltd.com)
2.2 Scintrex CG-5( Autograv Gravity Meter)
1
                 3.  Gravitimeter La Coste Romberg G-1177 dan FG-5
Gambar 3.1  Gravity meter jenis Lacoste & Romberg seri G – 1177
Gambar 3.2 Prinsip dasar Gravity meter La Coste Romberg
  • Pegasnya terbuat dari metal dengan konduktivity panas tinggi, untuk meminimalisir efek kontraksi/ekspansi panas. Membatasi sifat panas (thermal).  
  • Pegasnya  “Zero-Length” maksudnya keadaan pegas kembali ke posisi semula (elastisitasnya nol) contoh : ketika saat alat di gunakan dan mengalami kontraksi (tarikan) nol dan kehilangan tarikan.
  •  Pengembalian pegas ke keadaan semula “Zero-Length” lemah dan memiliki extensi maksimum.
  •   Massa pendulum lumayan besar.
  •  Hasil pembacaannya berdasarkan sinar yang di pantulkan didalam lensa.
  • Posisi nol nya berdasarkan skrup mikrometer (disesusaikan).
  • Panjang skrup dalam meter rata-rata dapat di baca diatas range 50,000 g.
  • Yang di gunakan pada saat survey di seluruh dunia. Akurasinya mencapai 0,03 g.u.
Gravity Meter La Coste Romberg seri FG-5
       FG-5 menggunakan prinsip jatuhan bebas, yaitu sesuatu objek dijatuhkan ke dalam ruang vakum. Objek yang akan diamati dengan menggunakan laser interferometer yang memiliki akurasi yang tinggi. Arah jatuhnya benda yang digunakan dalam prinsip jatuhan bebas adalah menunjuk sepenuhnya kepada spring atau pegas yang aktif dan di sebut juga ‘superspring’. jika massa yang di berikan terlalu besar pada alat ini maka    ada baiknya di lakukan kalibrasi.
        
Gambar 3.3. Alat Gravity Meter La Coste Romberg seri FG-5
Kelebihan La Coste Romberg adalah :
·         Akurasinya mencapai ± 2 μGal
·         Presisi alat mencapai ± 1 μGal
·         Integrasi Waktunya mencapai 1 μGal per jam
·         Operasi bisa di Lapangan (outdoor) atau di dalam ruangan (Indoor) karena alat ini telah di lengkapi pelindung di berbagai medan di lapangan (Protected Environments).

1     4.   Gravity Meter Worden
Alat  Gravity Meter Worden digunakan untuk pengukuran perbedaan gravitasi bumi atau lebih tepatnya percepatan gravitasi bumi. Alat ini bisa mencapai 1 : 100. 000 000 dari gravitasi normal bumi. pengukuran perbedaan gravitasinya sekitar  0.01 miligal atau 1 inci dalam perubahan ketinggian yang dapat dilakukan pada alat ini. Alat Worden Gravitimeter sangat istimewa sebab hingga  kini masih dipakai dan alat ini juga mudah dibawa serta pengukurannya yang akurat.
Gambar 4.1 komponen–komponen Alat Gravity Meter Worden
Gambar 4.2 Alat Gravity Meter Worden

1 5.     Gravity Meter SG (Superconducting Gravity)
    Prinsip Kerja :
       Cara kerja SG hampir sama dengan gravimeter konvensional, yang membedakannya adalah komponen yang bekerja merespon gravitasi bumi. Seperti pada gravimeter konvensional, umumnya komponen yang merespon perubahan gaya berat bumi adalah neraca pegas. 

    Kelemahan Alat ini :

      Kelemahannya berada pada pegas, pegas pada alat ini akan mengalami pemelemahan dan melar sehingga mengurangi ketelitian pengukuran. Untuk mengatasi kelemahan pada alat ini, pada pegas mekanisnya diganti oleh bola niobium yang ukurannya kurang lebih sebesar kelereng. Niobium akan selalu berada dalam posisi stabil melayang dipengaruh oleh medan magnet yang sangat stabil dalam kondisi suhu minus 277 . Dalam kondisi yang dipertahankan super dingin dalam tangki yang berisi helium cair,bola niobium ini akan bergerak naik turun seiring dengan perubahan gaya berat bumi yang menjadi data rekaman pengukuran.  

     Kelebihan Alat ini :

            Superconducting Gravity (SG) memiliki 4 (empat) kelebihan yaitu :
Ø  Dapat menangkap sinyal perubahan gayaberat/gelombang gravitasi yang disebabkan aktifitas inti bumi dan pengaruhnya terhadap ukuran gayaberat di permukaan.
Ø  Perubahan nilai gayaberat bumi dapat memberikan gambaran interaksi perubahan atmosfer. Perubahan massa atmosfer sesuai dengan kondisi cuaca akan memperlihatkan jejaknya terhadap sinyal gayaberat yang tertangkap sensor SG.
Ø  Dapat termonitornya pasang surut bumi akibat gaya tarik menarik benda benda langit terhadap massa bumi.
Ø  kemampuan SG mendeteksi gempa-gempa kecil dan besar.

Sumber: http://www.bakosurtanal.go.id/rilis-pers/show/memantau dinamika-bumi-melalui-sinyal-gayaberat.

Gambar 5.1 Alat Gravity Meter SG (Superconducting Gravity)
Sumber: www.gwrinstruments.com

Oke teman-teman mungkin ini saja  macam-macama atau jenis-jenis Gravity Meter sebenarnya ada banyak lagi jenis nya teman-teman bisa nyari di nyonya yahoo atau di om google tentang jenis-jenis instrumentasi Gravity meter mulai yang dari jadul hingga yang modern heheheheheeee..............


cukup sekian cerita kita hari ini semoga bermanfaat untuk teman-teman dan jangan pernah puas dengan apa yang ada tetap belajar dan terus berusaha menjadi yang terbaik semoga kita menjadi sesosok manusia yang berguna setidaknya bermanfaat untuk orang lain atau untuk diri kita sendiri dan untuk keluarga kita.



SALAM ....................




















3 komentar:

  1. punya blog tapi dikunci, bagai mna mau Copas law bgni.

    BalasHapus
  2. Perkenalkan,

    PT GLOBAL BARONA PERKASA adalah perusahaan international freight forwarder kami memberikan pelayanan import Door to Door service dengan tarif terbaik berdasarkan berat (Kg) atau volume (M3) cepat, tepat, aman serta menjujung tinggi kepercayaan serta menjalin kerja sama yang baik dengan stake holder,

    - Air freigt : Pengiriman Door to Door melalui via udara dari berbagai negara yaitu: Usa, Eropa, Singapore, Hongkong, Taiwan, Bangkok, Shanghai, Shenzen, Quangzhao dan Korea.

    - Sea freight : Pengiriman Door to Door melalui via laut dari berbagai negara yaitu: Usa, Eropa, Singapore, Hongkong, Taiwan, Shanghai, Shenzen, Quangzhao, dan korea.


    Untuk harga dan tarif terbaik dan waktu pengiriman mohon hubungi kami.

    MARIO
    Hp/Wa : 0812-8303-956
    E-mail: mariowinatagbp@gmail.com

    BalasHapus